Jumat, 05 April 2013

Seru! Menjelajah Luar Angkasa dengan Teleskop Virtual



Jakarta - Pecinta Astronomi tentu sangat antusias dengan kegiatan peneropongan bintang dan planet. Nah, Microsoft bekerjasama dengan Pustekkom (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan) menyediakan wahana alternatif peneropongan bintang.

Menggunakan Wahana Jelajah Angkasa, pengunjung akan diajak mengelilingi alam semesta. Dikatakan Kepala Pustekkom Ari Santoso, Wahana Jelajah Angkasa merupakan bagian dari Rumah Belajar di Pustekkom, Ciputat, Tangerang Selatan.

Fasilitas ini memungkinkan pengunjung belajar sains, astronomi, fisika dan mata pelajaran lain. Khusus untuk astronomi ini, Pustekkom berinisiatif menggandeng Microsoft.

"Microsoft punya data yang banyak untuk ini dan bisa menjadi sesuatu yang luar biasa untuk pembelajaran. Anak akan punya gambaran tentang alam semesta yang utuh," kata Ari.

Dijelaskan Ari, Wahana Jelajah Angkasa itu sendiri adalah software visualisasi yang memungkinkan komputer berfungsi sebagai teleskop. Wahana ini bisa diakses melalui website Rumah Belajar Pustekkom yang beralamat di http://belajar.kemdikbud.go.id

Cara kerjanya, software ini memadukan gambar, informasi dan cerita dari berbagai sumber menjadi media dengan pengalaman yang mulus, disajikan melalui konektivitas internet.

Sementara itu, Andreas Diantoro, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, menambahkan bahwa semua data gambar yang ditampilkan software diambil langsung dari Microsoft Research. 

Gambar ini menurutnya adalah hasil pencitraan terbaik dari teleskop di seluruh dunia, baik yang di bumi maupun berbasis ruang angkasa.

"Ada 50 juta gambar di data kami. Dengan software ini, kita gak hanya bisa melihat citra planet, tapi juga terhubung ke berbagai informasi melalui mesin pencarian. Jadi sambil menjelajah kita dapat semua informasi tentang planet yang sedang dikunjungi," terang Andreas.

Penasaran bagaimana rasanya menjelajah luar angkasa? Langsung jajal saja serunya berpetualang ke berbagai planet!

Sumber: http://inet.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar