Jumat, 05 April 2013

Pesawat Antara Rusia Hanya 6 Jam ke Luar Angkasa





Soyuz hanya memerlukan waktu enam jam untuk mencapai ISS. (AP)


Wahana antariksa milik Rusia, Soyuz, berhasil memecahkan rekor dengan membawa awak baru ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) dalam waktu hanya enam jam.
Setelah diluncurkan dari Baikonur di Kazakhstan, kapsul Soyuz ini memasuki orbit, dengan menggunakan manuver balistik rumit, namun dengan cara baru ini lama penerbangan bisa dipangkas.
Ketiga astronot, seorang Amerika dan dua Rusia, telah berhasil mengambil jalan pintas ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Hari Jumat (29/3) mereka membuat sejarah dengan mencapai stasiun antariksa hanya dalam singkat, bukan dua hari sebagaimana biasanya.
Biasanya penerbangan dari bumi ke ISS memakan waktu 50 jam.
Lintasan penerbangan yang lebih pendek membuat tiga awak, dua dari Rusia dan satu dari Amerika Serikat, bisa menghindari perjalanan melelahkan selama dua hari dan berimpit-impitan di dalam kapsul Soyuz, sebelum masuk ke ISS.
Badan ruang angkasa Amerika (NASA) mengatakan para awak ini selama enam bulan ke depan akan melakukan 137 penelitian di bagian ISS yang dioperasikan oleh Amerika dan 44 penelitian di ruang yang dioperasikan Rusia.
NASA menjelaskan para awak akan melakukan penelitian tentang manusia, biologi, fisika, teknologi, observasi bumi, dan pendidikan.
Para ahli Rusia mengirim tiga kargo ke ruang angkasa melalui jalur cepat ini sebelum berupaya mengirim misi berawak.
Mereka juga sedang mencoba untuk memperpendek lagi perjalanan ke ruang angkasa ini.

Sumber: http://inioke.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar