Jumat, 05 April 2013

Meteorit Hijau Mungkin Berasal dari Merkurius



This green meteorite that landed in Morocco in 2012 could be from Mercury. (Photo By Stefan Ralew/sr-meteorites.de)



Para ilmuwan mungkin saja telah menemukan meteorit pertama yang berasal dari planet Merkurius.

Tahun lalu, sebongkah batu hijau ditemukan di tanah Maroko dan menurut ahli meteorit Anthony Irving, kemungkinan batu itu berasal dari planet paling dekat ke Matahari itu.

Irving mengungkapkan temuannya pada “Lunar and Planetary Science Conference” ke-44 bulan ini. Studinya mengatakan, batuan luar angkasa yang diberi nama NWA 7325 berasal dari Merkurius, bukan asteroid atau Mars.

NWA 7325 adalah kumpulan 35 sampel meteorit yang ditemukan di Maroko tahun 2012. Bebatuan ini kuno — Irving dan timnya menakar umur bebatuan itu 4,56 miliar tahun.

“Batu ini mungkin sampel dari Merkurius, atau planet lain yang lebih kecil dari Merkurius namun mirip,” kata Irving dalam presentasinya. Tumbukan besar mungkin telah melesatkan NWA 7325 dari Merkurius ke Bumi, tambahnya.

Irvin sehari-hari mengajar ilmu kebumian dan antariksa di University of Washington dan telah meneliti meteorit selama bertahun-tahun. Meteorit NWA 7325 amat berbeda dengan meteorit lain yang ditemukan di Bumi sebelumnya, kata Irving kepada SPACE.com.

Meteorit itu mengandung besi dalam kadar rendah, layaknya permukaan planet Merkurius. Dari mana pun meteorit NWA 7325 berasal, planet asalnya sudah pasti mirip Merkurius.

Sumber: Miriam Kramer | SPACE.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar